“basis data XI – KD 4 Memahami kelompok perintah DDL, DML dan DCL dalam basis data”



Kelompok Perintah Yang Termasuk Dalam DDL, DML Dan DCL Dalam Basis Data Dan Fungsinya

    


Dalam pembahasan kali ini, kami secara pribadi akan membahas tentang DDL (Data Definision Language(bahasa pendefinisian data)), DML (Data Manipulation Language (bahasa manipulasi data)), dan DCL (Data Control Language(bahasa pengontrol data)) yang merupakan ilmu yang kita dapat dari pelajaran Basis Data atau Data Base. Pelajaran ini merupakan pelajaran basis data yang kita dapat jika kita memilih keahlian RPL di SMK. Dari kepanjangannya saja kita pasti tahu bahwa DDLDML, dan DCL itu merupakan suatu anjuran dari bahasa SQL atau Structured Query Language.
SQL ialah sebuah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk mengambil semua atau field data dari dalam database yang berhubungan. Istilah query sering terdengar untuk SQL tersebut yang berguna sebagai suatu bahasa yang dasar. Ketiga perintah itu yang terkait dengan SQL  sangat berguna untuk dipahami dalam menguasai dalam membuat basis data. Pasti para readers sudah mengenal dikit tentang DDL, DML, dan DCL ini. Saat sekarang ini saya penulis akan mengupas lebih dalam lagi tentang apa itu  DDLDML, dan DCL.
1. DDL (Data Definition Language)
DDL atau yang mempunyai arti kecil sebagai bahasa pendefinisian data yang merupakan sebuah bahasa pemrograman yang ada pada program yang berfungsi untuk arti atau maksud dari sebuah data. Arti dari DDL lainnya ialah sebuah perintah yang berkaitan dengan definisi dari struktur basis data. DDL dalam penggunaannya memiliki beberapa fungsi.
  1. Membuat sebuah objek database
  2. Melakukan pengubahan objek database
  3. Menghapus data dan objek database
adapun di dalam DDL sebuah perintah yang berkaitan atau berhubungan dengan DDL itu sendiri, ialah CREATE, ALTER, dan DROP.
  1. CREATE, perintah yang berguna bagi menulis baru atau membuat sesuatu
  2. ALTER, perintah yang berguna mengubah struktur sebuah tabel yang sudah terbuat
  3. DROP, anjuran yang berfungsi penghapusan sebuah data dari data base yang ada
2. DML (Data Manipulation Language)
DML merupakan kependekan dari Data Manipulation Language yang bertugas sebagai anjuran yang bertujuan dalam kegiatan proses manipulator terhadap data yang ada pada data base. Fungsi utama dari DML ini ialah untuk melakukan proses olah data di dalam data base. Di dalam manipulasi ini terdapat beberapa anjuran yang antara lain, yaitu perintah INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE.
  1. INSERT, berfungsi sebagai perintah untuk memasukkan data yang baru ke database
  2. SELECT, perintah berfungsi untuk menyeleksi atau mengambil data baru dalam database
  3. UPDATE, perintah yang digunakan dalam pembaruan data di database
  4. DELETE, perintah digunakan dalam penghapusan sebuah data dalam database
3. DCL (Data Control Language)
Perintah DCL ini merupakan arti kecil dari bahasa pengontrol data yang berartikan sebuah bahasa yang bertujuan untuk mengkontrol data dan benda di database. DCL ini berfungsi dalam melakukan control ke server database. Adapun yang termasuk perintah dasar dalam DCL ini, yaitu GRANT dan REVOKE.
  1. GRANT, ialah perintah yang difungsikan untuk mengakses oleh pemilik ke pengguna
  2. REVOKE, perintah yang digunakan untuk melepaskan akses yang diberikan kepada pengguna yang ada

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KD 4 : Menerapkan fungsi agregasi dalam basis data

KD 3 : Menerapkan bahasa SQL dasar untuk memanipulasi tabel dalam basis data

KD 2 : Menerapkan bahasa SQL dasar untuk mengelola table dalam basis data